Tuesday, November 8, 2011

Belajar SEO dan tekniknya

Diposkan oleh Unknown di 8:55 AM
Akhirnya setelah beberapa hari saya tidak online, ingin rasanya memberikan informasi mengenai Search Engine Optimizer atau bisa disebut SEO. Setelah mencari – cari referensi dan menerjemahkan nya akhirnya akan saya tuangkan disini.
SEO adalah Search Engine Optimizer yang bisa di artikan mengoptimasikan suatu situs di Search Engine. Bagi beberapa orang yang pernah mencoba mendalami tekhnik SEO ini bisa dibilang gampang – gampang susah. Saya sendiri masih belajar untuk masalah ini, karena perlu waktu yang cukup lama dan jam terbang yang tinggi agar pemahaman tentang SEO.


Salah satunya adalah bertukar link dengan situs atau blog lain atau bisa disebut dengan teknik link exchange. Saran saya adalah bertukar link dengan sesama profesi, semisal situs anda mempunyai konsep di bidang entertainment harusnya anda harus bertukar link yang sama dengan konsep anda. Selain itu situs anda harus sering di update dan membuat suatu keyword yang unik sesuai dengan artikel yang anda buat. Bidikan keyword yang anda buat harus tepat mengenai sasaran bukan asal – asalan yang hanya sebuah kumpulan keyword,melainkan sesuai dengan artikel yang anda buat.
Lalu, ada fasilitas lain yang sering kali digunakan para “pembaca” untuk membaca artikel yang terupdate. Yakni Social Bookmark. Banyak Blog menggunakan tekhnik ini untuk meningkatkan backlink di mata search Engine seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain – lain. Salah satu contoh Social Bookmark yakni Technorati dan Delicious. Untuk situs yang paling besar dan sering saya kunjungi adalah Digg dan infogue.
Berikut saya berikan gambaran kunci SEO yang harus anda perhatikan dan anda harus mempunyai dasar pemrograman HTML, yah …. sedikit2 gpp asalkan ada inisiatif untuk belajar. Karena HTML adalah dasar pemrograman web yang paling dasar. Tenang saja, saya juga masih belajar juga koq. Mari kita bersama – sama belajar agar website kita semakin banyak pengunjungnya, hehehe ….
1. Posisi Title yang biasa disebut Judul Utama Situs atau blog anda harus disesuaikan dengan keyword yang akan anda bidik. Seperti contoh :
<html xmlns=“http://www.w3.org/1999/xhtml” dir=“ltr” lang=“en-US”>
<head profile=“http://gmpg.org/xfn/11″>
<title>Situs seputar dunia Entertaiment</title>

2. Definisikan jenis – jenis Tag Keyword yang sesuai dengan isi content situs atau blog anda.
<meta name=“keywords” content=“dunia entertainment, kisah selebritis, lirik lagu indonesia, Foto artis Indonesia, Download Mp3 Indonesia Gratis” />
3. Tentukan Tag untuk Description situs atau blog anda.
<meta name=”description” content=”Berita terbaru gosip artis indonesia dan lagu terbaru” />
4. Buat Menu untuk navigasi dan jangan sampai ada yang “404 Page Not Found“  atau error.
Bilamana 4 point diatas sudah anda lakukan, saatnya memanage dari sisi  “Penulisan“  atau pembuatan situs yang menggunakan Teknik SEO :
1. Title harus mempunyai peran besar dalam Index Search Engine. ( Judul yang tampil di Mesin Pencarian semacam Google dan Yahoo ).
2. Usahakan setiap artikel atau content yang di anda buat harus ada Keyword tertentu yang harus anda Bidik.
3.  Pemakaian Underline, Bold, Italic, tanda kutip, Heading, dan perbedaan warna sangat berpengaruh besar dalam membidik keyword.
4.  Jumlah Posting dan Halaman tentang topik tertentu sangat mempengaruhi kekuatan index dari topik itu.
5. Bilamana menggunakan WordPress, Jomla, Drupal, Mambo atau jenis CMS lainnya, jangan lupa isikan Tags anda yang sesuai dengan topik dan keyword yang hendak di optimasi.
Sekarang kita meluncur ke Pendaftaran ke Search Engine, Social Bookmark dan site directory :
1. Daftarkanlah situs yang baru anda buat di Search Engine Google, Yahoo dan lain – lain.
2. Daftarkanlah di Social Bookmark seperti Technoratti, Digg, Infogue dan lain – lain.
Ada beberapa tekhnik lain yang sering dipake para “mbah2 nya SEO” atau saya sebut Master SEO untuk menambah kekuatan SEO situs atau Blog, antara lain :
1. Link Exchange ( Tukar link dengan situs atau blog lain ).
2. Bilamana anda membuat suatu artikel dan bertautan atau berhubungan artikel sebelumnya berikan link balik atau bisa juga anda link ke situs lain yang anda rekomendasikan.
3.  Memasang iklan di situs yang PR dan visitor besar.
4.  Memasang iklan semacam Google Adsense dan Adbrite.
5.  Memasang iklan di situs periklanan. Oh iya, jangan memasang iklan berlebihan dalam satu hari. Akan mengakibatkan dianggap “SPAM” oleh search Engine.
6.  Menganalisa situs anda yang baru dengan situs yang sudah terkenal apakah ada kekurangan dari segi tampilan, menu navigasi dan lain – lain.


Tips ini sering di bicarakan di kalangan webmaster untuk mendongkrak situsnya, apalagi bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis internet. Apabila ada kritik dan saran  tuangkanlah disini. Karena saya sedang belajar juga, yang istilah jawanya “sinau”. HeHeHe ….

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 INTERNET IS MONEY | Design by Kenga Ads-template